Kinerja adalah pelaksanaan kerja, pencapaian kerja atau hasil kerja. Sedangkan menurut Armstrong (2004: 29), manajemen kinerja yaitu “sarana untuk mendapatkan hasil yang lebih dari organisasi, tim, dan individu dengan cara memahami dan mengelola kinerja dalam suatu kerangka tujuan, standar, dan persyaratan-persyaratan kompetensi terencana yang telah disepakati.” Menurut Robert L. Mathis dan John H. Jackson (2001: 82), kinerja dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain: “kemampuan mereka, motivasi, dukungan yang diterima, keberadaan pekerjaan yang mereka lakukan, dan hubungan mereka dengan organisasi.”
Manajemen kinerja
memiliki dua jenis tujuan, yaitu tujuan menyeluruh dan tujuan spesifik. Tujuan
menyeluruh manajemen kinerja adalah untuk menumbuhkan suatu budaya di mana
individu dan kelompok bertanggung jawab atas kelanjutan peningkatan proses
bisnis dan peningkatan keterampilan dan kontribusi mereka sendiri. Sementara
itu, tujuan spesifik manajemen kinerja adalah evaluasi atas penilaian yang
memberitahu dimana posisi seseorang dan pengembangan yang memberikan informasi
dan arahan tertentu kepada individu, sehingga ia dapat memperbaiki kinerjanya.
0 Comments:
Post a Comment