glx_b64e8cb7b7c9d05c279e27f2e2324900.txt Enterprise Architecture - Kumpulan Landasan Teori

Friday 19 December 2014

Enterprise Architecture

Kata “architecture” lebih dikenal dalam bidang tata bangunan. Seiring perkembangannya kata “architecture” diadopsi dalam berbagai disiplin ilmu, antara lain teknologi informasi khususnya dalam rekayasa perangkat lunak. Berdasarkan standar dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE Standards) yang dikutip oleh Henk Jonkers et.al. (2004, 2) “Architecture is the fundamental organisation of a system embodied in its components, their relationships to each other, and to the environment, and the principle guiding its design and evolution”. Selain itu, Wikipedia juga mendefiniskan “Architecture is both the process and product of planning, designing and constructing space that reflects functional, social, and aesthetic considerations”. 

Arsitektur dalam konteks luas menyiratkan suatu perencanaan, yang diwujudkan dengan model dan gambar seluruh bagianbagian/ komponen dengan berbagai sudut pandang. Enterprise Architecture (EA) menurut Perizaue seperti yang dikutip oleh Erwin et.al. (2005, 284) adalah sebuah pendekatan logis, komprehensif, dan holistic  untuk merancang dan mengimplementasikan sistem dan komponen sistem secara bersamaan. Menurut The IFEAD (Institute for Enterprise Architecture Developments) yang dikutip dari Wikipedia, Enterprise Architecture (EA) didefiniskan sebagai: Enterprise architecture is a complete expression of the enterprise; a master plan which “acts as a collaboration force” between aspects of business planning such as goals, visions, strategies and governance principles; aspects of business operations such as business terms, organization structures, processes and data; aspects of automation such as information systems and databases; and the enabling technological infrastructure of the business such as computers, operating systems and networks Definisi lain EA menurut Peter Well (2007, 2) Enterprise architecture is the organizing logic for business processes and IT infrastructure reflecting the integration and standardization requirements of the firm’s operating model. Sedangkan menurut Linda (2007, 43) EA adalah pembentukan struktur dan langkah dengan menggunakan metode tertentu untuk dapat menyusun proses organisasi, sistem informasi, personel dan unit-unit organisasi sehingga dapat sejalan dengan tujuan utama organisasi dan arahan strategis organisasi.  

Pengertian framework menurut Joko Triloko (2007, 8) adalah suatu struktur logis yang dapat diperluas untuk menggolongkan dan mengorganisasikan suatu set konsep, metode, teknologi dan perubahan pada suatu perancangan atau proses pengolahan. Framework juga bisa didefinisikan sebagai sebuah spesifikasi tata cara untuk dapat mengorganisasi dan mempresentasikan EA. Framework dapat digunakan sebagai dasar untuk menyajikan secara detail struktur yang relevan untuk organisasi yang meliputi bisnis, aplikasi, teknologi dan data. Linda (2007, 43).

Menurut Erwin (2009, 115) framework mengidentifikasikan jenis informasi yang dibutuhkan untuk mendeskripsikan arsitektur enterprise, mengorganisasikan jenis informasi dalam struktur logis, dan mendeskripsikan hubungan antara jenis informasi tersebut.   Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa framework adalah struktur logis untuk mengidentifikasi jenis, struktur dan hubungan antar informasi secara detail dan relevan bagi organisasi. Informasi dalam arsitektur enterprise sering dikategorikan dalam model-model atau sudut pandang arsitektural.

Terdapat berbagai macam framework yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan arsitektur enterprise, seperti: Zachman Framework, Federal Enterprise Architecture Framework (FEAF), Department of Defense Architecture Framework (DoDAF), Treasury Enterprise Architecture Framework (TEAF), The Open Group Architectural, Computer Integrated Manufacturing Open System Architecture (CIMOSA), maupun modifikasi yang telah disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan organisasi.  Menurut Paulus (2005, 270) Zachman Framework merupakan skema klasifikasi yang digunakan untuk mengorganisasikan artefak enterprise 

0 Comments:

Post a Comment