glx_b64e8cb7b7c9d05c279e27f2e2324900.txt KERANGKA MANAJEMEN RISIKO - Kumpulan Landasan Teori

Thursday 4 December 2014

KERANGKA MANAJEMEN RISIKO

Integrasi merupakan karakter manajemen risiko modern. Manajemen risiko terintegrasi memerlukan sebuah kerangka yang memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi, mengantisipasi, dan secara efektif merespon beragam peristiwa yang dapat mempengaruhi kemampuannya memenuhi strategi dan mencapai tujuan. Tidak ada model manajemen risiko yang berlaku untuk semua, setiap organisasi harus merancang sebuah kerangka yang dibangun sesuai bisnis, sektor industri, struktur organisasi, tujuan dan toleransi risikonya.
Salah satu pertanda suatu organisasi telah mengintegrasikan prinsip-prinsip manajemen risiko ke dalam manajemen bisnis adalah kesamaan bahasa dan kesamaan kerangka manajemen risiko. Tujuan utama dari penggunaan kerangka manajemen risiko yang sama di seluruh bagian organisasi adalah agar semua komponen organisasi memiliki kesamaan persepsi tentang risiko dan memahami risiko dan implikasinya dari sudut pandang yang sama. Organisasi yang hendak menerapkan prinsip-prinsip manajemen risiko terlebih dahulu harus menentukan kerangka manajemen risiko yang akan digunakan untuk memandu keseluruhan proses manajemen risiko. Kerangka tersebut juga menjadi kriteria evaluasi apakah proses manajemen risiko telah dilaksanakan dengan baik dan benar.
Kerangka manajemen risiko yang digunakan oleh suatu organisasi bersifat spesifik industri. Artinya, akan lebih baik jika manajemen suatu organisasi mengembangkan kerangka manajemen risiko yang sesuai dengan kegiatan operasi atau proses bisnis organisasi yang bersangkutan. Tetapi, manajemen dapat juga mengadopsi kerangka manajemen risiko yang telah dikembangkan oleh badan-badan penyusun standar seperti Standar Bersama Australia dan Selandia Baru yang telah mengembangkan Risk Management Standards AS/NZS 4360, Committee of Sponsoring Organization (COSO) yang telah mengembangkan Enterprise Risk Management, dan sebagainya.
Sebagai gambaran umum tentang kerangka manajemen risiko, berikut akan disajikan tiga kerangka manajemen risiko yang sudah ada, yakni :

  1. Risk Management Standards Australia/New Zealand (AS/NZS 4360)
  2. Business Risk Management Process James W. DeLoach
  3. Enterprise Risk Management COSO

0 Comments:

Post a Comment